WASPADA DEMAM BERDARAH

Administrator 26 Agustus 2024 16:08:42 WIB

Pada Perubahan musim Kemarau ke Musim hujan terdapat banyak genangan air untuk perkembangbiakan nyamuk, dianataranya nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albocpictus yang merupakan vector penyakit demam berdarah dengue. Penyakit ini disebabkan oleh virus Dengue ditularkan kepada manusia melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albocpictus.

Gejala DBD ditandai dengan demam mendadak, sakit kepala, nyeri belakang bola mata, mual dan manifestasi perdarahan seperti mimisan atau gusi berdarahserta adanya kemerahan di bagian permukaan tubuh pada penderita.

Pada umumnya penderita DBD ( Demam Berdarah Dengue ) akan mengalami fase demam selama 2-7 hari, fase pertama: 1-3 hari ini penderita akan merasakan demam yang cukup tinggi 40 derajat celcius. Kemudian pada fase ke-dua penderita kan mengalami fase kritis pada hari ke 4-5, pada fase ini penderita akan mengalami turunnya demam hingga 37 derajat celcius dan penderita akan merasa dapat melakukan aktifitas kembali (merasa sudah sembuh kembali) pada fase ini jika tidak mendapatkan pengobatan yang adekuat dapat terjadi keadaan fatal, akan terjadi penurunan trombosit secara drastis akibat pemecahan pembuluh darah (Pendarahan). Di fase yang ketiga ini akan terjadi pada hari ke 6-7, penderita akan merasakan demam kembali, fase ini dinamakan fase pemulihan, difase ini trombosit akan perlahan naik normal kembali.

Salah satu pencegahan DBD yang mudah, mrah dan efisien adalah dengan memberantas sarang nyamuk penular (vektor) dengan metode 3 M Plu, yaitu :

  1. Menguras tempat penampungan air seperti bak mandi, gentong, tempayan dan tempat penampungan air lainnya.
  2. Menutup tempat penampungan air agar Nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albocpictus tidak dapat berkembang biak
  3. Mendaur ulang atau memanfaatkan barang yang tidak terpakai yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk.

Plus melakukan pemberantasan jentik nyamuk dilingkungan sekitar, hindari gigitan nyamuk dengan mamakai anti nyamuk oles, semprot dan tidur didalam kelambu.

INGAT....!!!! FOGING BUKAN SOLUSI........

Komentar atas WASPADA DEMAM BERDARAH

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

CALL CENTER

Lokasi Karangturi

tampilkan dalam peta lebih besar